PROOFDAILY –┬áBubur sumsum adalah salah satu hidangan penutup tradisional Indonesia yang banyak disukai karena teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang tidak berlebihan. Tak hanya disajikan sebagai penutup, bubur sumsum seringkali menjadi bagian dari hidangan khusus di berbagai acara. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat bubur sumsum yang lembut dan manis, yang bisa Anda coba di rumah.

I. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat bubur sumsum, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 100 gram tepung beras
  • 800 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • Daun pandan, ikat simpul (opsional untuk aroma)
  • Air untuk melarutkan tepung beras

Untuk Saus Gula Merah:

  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

II. Langkah-Langkah Pembuatan Bubur Sumsum

  1. Larutkan Tepung Beras: Campur tepung beras dengan sedikit air hingga larut dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Masak Santan: Campur santan dengan garam dan daun pandan dalam panci. Masak dengan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  3. Tuangkan Larutan Tepung: Setelah santan mendidih, tuangkan larutan tepung beras ke dalam panci secara perlahan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
  4. Masak Hingga Matang: Terus masak dan aduk bubur sumsum hingga matang dan kental. Ini bisa memakan waktu sekitar 10-15 menit. Pastikan teksturnya lembut dan tidak ada bagian yang mentah.
  5. Dinginkan Bubur: Setelah bubur matang, angkat dan tuang ke dalam mangkuk atau cetakan. Biarkan dingin dan mengeras sedikit.

III. Pembuatan Saus Gula Merah

  1. Campur Bahan Saus: Campur gula merah yang sudah disisir halus dengan air dan daun pandan dalam panci.
  2. Masak Saus: Masak bahan saus di atas api sedang hingga mendidih dan gula larut sepenuhnya.
  3. Dinginkan Saus: Setelah mendidih dan gula larut, angkat saus dari api dan biarkan dingin.

IV. Penyajian Bubur Sumsum

Setelah bubur sumsum dan saus gula merah dingin, tuangkan saus gula merah ke atas bubur sumsum yang telah disiapkan. Bubur sumsum siap disajikan baik dalam keadaan hangat maupun dingin.

V. Tips dan Trik

  • Pastikan untuk terus mengaduk santan saat memasak agar tidak pecah dan menghasilkan bubur yang lembut.
  • Gunakan api kecil hingga sedang untuk menghindari bubur sumsum terlalu cepat matang di luar sementara di dalam masih cair.
  • Jika ingin bubur sumsum yang lebih kental, Anda dapat menambahkan sedikit tepung beras.

VI. Kesimpulan

Bubur sumsum adalah hidangan penutup yang sederhana namun menawarkan kelezatan yang khas. Dengan teksturnya yang halus dan rasa manis alami dari gula merah, bubur sumsum menjadi pilihan penutup yang sempurna untuk berbagai kesempatan. Resep ini tidak hanya mudah diikuti tapi juga memberikan ruang untuk kreasi, seperti penambahan buah atau topping lain sesuai selera. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan bubur sumsum buatan Anda sendiri!