PROOFDAILY –┬áDurian, yang sering dijuluki sebagai “raja buah”, memiliki aroma yang khas dan rasa yang unik. Buah tropis ini sangat populer di Asia Tenggara dan telah memikat banyak pencinta kuliner dari seluruh dunia. Es krim durian merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati esensi buah ini dalam bentuk yang lebih menyegarkan. Dengan resep ini, Anda bisa membuat es krim durian sendiri di rumah dengan mudah tanpa memerlukan mesin es krim.

I. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat es krim durian yang lezat, Anda akan memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 300 gram daging durian
  • 200 ml susu kental manis
  • 500 ml whipping cream atau krim kental
  • 1 sdt ekstrak vanila (opsional)
  • Sejumput garam

II. Langkah-Langkah Pembuatan Es Krim Durian

  1. Persiapkan Durian: Haluskan daging durian dengan garpu atau blender hingga menjadi pasta yang lembut. Jika Anda ingin tekstur es krim yang lebih halus, saring pasta durian untuk menghilangkan serat-seratnya.
  2. Campur dengan Susu Kental Manis: Dalam wadah besar, campurkan pasta durian dengan susu kental manis. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  3. Kocok Whipping Cream: Tuang whipping cream ke dalam wadah yang telah didinginkan sebelumnya, tambahkan sejumput garam, dan kocok hingga soft peak terbentuk. Jika Anda menggunakan ekstrak vanila, tambahkan pada tahap ini.
  4. Gabungkan Semua Bahan: Masukkan campuran durian ke dalam whipped cream, lipat secara perlahan menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Dinginkan: Tuang campuran es krim ke dalam wadah yang bisa ditutup rapat. Ratakan permukaannya dan tutup wadah tersebut.
  6. Bekukan: Simpan wadah di dalam freezer selama minimal 6 jam, tapi disarankan untuk membiarkannya semalaman agar es krim benar-benar set dan teksturnya sempurna.

III. Tips Penyajian Es Krim Durian

  • Untuk penyajian, keluarkan es krim dari freezer beberapa menit sebelum disajikan agar sedikit melembut dan mudah untuk disajikan.
  • Es krim durian ini bisa disajikan dengan potongan buah segar, sirup coklat, atau bahkan kepingan biskuit untuk menambah tekstur.

IV. Variasi Resep

  • Anda bisa menambahkan potongan kecil durian ke dalam es krim sebelum dikukus untuk menambah sensasi rasa dan tekstur.
  • Untuk versi yang lebih sehat, gunakan susu kental manis rendah lemak atau ganti dengan madu atau pemanis alami lainnya.
  • Jika tidak suka terlalu manis, sesuaikan jumlah susu kental manis sesuai dengan selera Anda.

V. Kesimpulan

Membuat es krim durian di rumah adalah kegiatan yang menyenangkan dan hasilnya bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Dengan resep ini, Anda bisa menikmati kelezatan durian dalam bentuk es krim yang lembut dan menyegarkan kapan saja Anda inginkan. Es krim durian buatan rumah ini tidak hanya praktis dibuat tetapi juga bisa disesuaikan dengan selera pribadi Anda. Selamat mencoba dan menikmati kekayaan rasa dari es krim durian buatan sendiri!